17 July 2009

Tips Mengerjakan Soal Fisika



Mengerjakan soal fisika tidak sama dengan mengerjakan soal matematika yang jika tahu rumusnya tinggal memasukkan. Banyak soal fisika yang membutuhkan nalar dibandingkan sekedar menghafal rumus. Hal yang dibutuhkan (selain menghafal rumus) adalah daya hayal yang tinggi (imajenasi) dan logika.

Hal yang pertama dilakukan saat bertemu soal fisika adalah membayangkan dulu fenomena yang terjadi. usahakan kamu dapat membayangkannya sejelas mungkin, kalo bisa bayangkan kamu mengalami langsung kejadiannya. misalnya ada soal tentang benda jatuh, jadi bayangkan kamu sedang jatuh bebas, merasakan sensasinya, kalo bisa dengan ekspresinya. Kemudian masukkan logika ke dalam permasalahannya. Yang terakhir baru hitung dengan persamaannya. kalo kejadian dalam soalnya tidak bisa kamu bayangkan, niscaya akan sulit mengerjakannya. huh mata muter

untuk tingkatan anda saya sarankan memperbanyak latihan soal baik analisis maupun hitungan. kalo bisa dengan variasi yang banyak dan tingkatan yang beragam yang membutuhkan analsis dahulu baru dihitung dengan beberapa langkah, juga soal kombinasi yang menggabungkan antara mekanika dengan listik-magnet misalnya. banyak bagian-bagian di dalam fisika yang saling terkait dan beranalogi. saat anda terbiasa mengerjakan soal kombinasi maka anda bisa mengetahui hubungan antar bagian misalnya semua bagian tentang cahaya: cermin, lensa, alat optik bahkan ke fisika moderen semuanya salng berhubngan dan banyak analogi. saat anda sudah menguasai suatu konsep maka akan lebih mudah memahami konsep yang lain, mualilah dari konsep paling dasar.

(Forumsains.com)
Further:
http://www.forumsains.com/fisika-smu/tips-mengerjakan-soal-fisika/

1 comment:

  1. perkataa tanpa perbuatan=0000000000,0000000000 BESARRRRRRR!!!!!!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete