16 July 2009

Dark Matter



Dark Matter/Materi Gelap merupakan suatu jenis objek di alam semesta yang tidak dapat berinteraksi dengan jenis radiasi apapun, tidak memancarkan dan tidak menyerap radiasi. karena itu objek ini tidak dapat dilihat ataupun dideteksi dengan gelombang elektromagnet apapun. lalu bagaimana kita bisa tahu keberadaan objek ini di semesta kita jika kita tidak bisa mendeteksinya?

Analoginya seperti ini, misalnya disuatu ruang pesta yang sangat gelap gulita terdapat beberapa pasangan dansa pria-wanita. si pria menggunakan pakaian hitam legam sedangkan wanitanya menggunakan pakaian putih terang benderang. saat mereka berdansa di ruangan itu, kita sama sekali tidak bisa melihat si pria lalu bagaimana kita tahu kalo di sana ada pria berpakaian gelap? saat pasangan berdansa maka wanita akan bergerak seiiring gerakan pria dan berputar-putar sepertihalnya orang berdansa. dari gerakkan wanita (yang terlihat jelas) inilah kita tahu bahwa dia memiliki pasangan yang "tidak terlihat".

Nah dengan alasan yang sama kita bisa "berhipotesis" dengan mengamati objek tampak lain yang bergerak di sekitar materi gelap. objek tampak itu bergerak seakan-akan sedang berinteraksi dengan objek lain yang tidak tampak.

Mungkin kita sering melihat orang yang sedang berinteraksi dengan "sesuatu" yang tidak bisa kita lihat tapi sebenarnya ada, hanya saja tidak semua orang bisa "mendeteksi"nya.

(Forumsains.com)
Further:
http://www.forumsains.com/fisika/dark-matter-(materi-gelap)/

No comments:

Post a Comment