12 August 2009

Kemerdekaan



Sebentar lagi kita akan merayakan hari kemerdekaan negara kita. namun yang perlu disadari bahwa telah 64 tahun negara kita merdeka tapi apakah kita telah merasa bahwa kita telah sejajar dengan negara lain? jika diingat masa lalu negara kita saat masih dipimpin oleh presiden pertama kita Ir. Soekarno, betapa hebatnya negara kita saat itu. Negara kita dipandang sebagai negara yang hebat se-ASEAN bahkan sempat memimpin ASEAN. saat diadakannya KTT ASIA-AFRIKA negara kita dipercaya untuk memimpin konferensi tersebut. Pasukan garuda (kalo yang ini mungkin sudah masa pemerintahan Bpk. Soeharto) telah menjelajah bersama pasukan PBB untuk mendamaikan dunia dan memperoleh prestasi yang diakui oleh seluruh negara di dunia. Negara tetangga kita, Malaysia, mengirimkan setumpuk guru-guru mereka untuk belajar di Indonesia. ini hanya sebagian kecil kejayaan kita di masa lalu.

Tapi dimana kita sekarang? Mungkin beberapa negara menganggap kita malas, miskin bahkan negara pencetak teroris. Apakah kita hanya akan diam saja negara kita diremehkan oleh negara lain bahkan oleh negara tetangga kita yang dulunya belajar disini justru sekarang yang terjadi sebaliknya? kita telah kehilangan nilai-nilai yang dulu negara kita miliki. kita telah melupakan jati diri negara kita sesungguhnya.

Apa yang salah? Ideologi-ideologi luar sangat mudah merasuki bangsa ini. begitu banyak ideologi, pemikiran, tren yang masuk ke negara kita namun filter untuk menyaring semua itu hampir tidak ada. sekarang kita lebih mengagung-agungkan negara barat dibandingan negara ini. semua yang berasal dari negara barat kita anggap hebat dan wajib diikuti. semua itu telah menghancurkan ideologi, sifat dan adat-istiadat yang dulu sangat erat melekat di jiwa setiap rakyat Indonesia. Kita telah kehilangan Kebanggaan sebagai bangsa Indonesia. sebagian besar rakyat kita bahkan menganggap remeh bangsa ini dibandingkan negara barat bahkan negara asia lain.

Sungguh tragis dan ironis. bagaimana bangsa lain akan menghargai negara ini jika rakyatnya tidak bisa menghargai negaranya sendiri. bagaimana bisa kita dipandang oleh negara lain jika kita tidak bangga menjadi seorang warga Indonesia. kita harus mengembalikan harga diri kita sebagai sebuah bangsa dan negara. jangan mau diintimidasi oleh bangsa lain, jangan mau didikte oleh negara lain. kita memiliki semua yang dibutuhkan oleh sebuah bangsa dan negara. kenapa kita harus menggunakan milik bangsa lain yang belum tentu sesuai dengan negara kita?

Walau secara fisik kita telah merdeka namun sesungguhnya kita tidak benar-benar merdeka! kita masih terjajah oleh bangsa lain, terjajah secara ekonomi, politik, ideologi dan masih banyak. bahkan negara kita sedang dikuras jauh lebih banyak dibandingkan sebelum kita merdeka. kita harus bangkit dari keterjajahan ini. HIDUP INDONESIAKU, MERDEKA INDONESIAKU!!!

No comments:

Post a Comment